Tips memilih Nice Blog dan Keyword Potensial :
1. Gunakan Keyword Tools
Ada banyak keyword tools yang bisa kita gunakan untuk mencari Nice dan keyword potensial. Ada tools yang berbayar namun banyak juga tools gratis yang bisa kita manfaatkan. Diantaranya yaitu:
- Google Keyword Tools
- Google Trends
- Wordtracker
- Keyworddiscovery
- MSN Keyword Forecast
- King Of Keyword
- Dmoz Directory
- SEM rush
- Paypal
- Shopping
Cara memilih Nice dan keyword potensial untuk masing-masing tool, akan kita bahas kemudian.
2.Pilih Niche Yang Tidak Terlalu Kompetitif.
Sebagai seorang blogger pemula, sebaiknya kita memilih nice yang tidak terlalu kompetitif. Bila kita memilih Niche dan keyword potensial yang menghasilkan paling banyak uang, kita harus siap berkompetisi dengan blogger-blogger lain yang lebih berpengalaman sehingga diperlukan perencanaan yang lebih matang. Contoh niche yang kompetitif dan menghasilkan banyak uang adalah Self Improvement (Pengembangan Diri), Wealth Creation, mortgage (kredit rumah), insurance (asuransi), kartu kredit, forex, stock trading, weight loss (menurunkan berat badan), internet marketing, advertising, dan copywriting.
Bila kita ingin menguangkan blog jangan memilih nice yang tidak ada kompetisi sama sekali. Niche yang kompetisinya hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali seringkali karena tidak berprospek bagus, tidak menguntungkan, tidak ada afiliasi untuk niche tersebut secara online, target pasarnya terlalu kecil, atau bahkan tidak ada produk bagus di niche tersebut.
Oleh karena itu, memilih produk terlebih dahulu sebelum menentukan niche lebih direkomendasikan.
3. Pilih Nice di Bidang Yang Kita Minati
Sebagian besar blogger menyarankan untuk memilih Nice berdasarkan hobi atau keahlian masing-masing. Namun, seringkali hobi atau keahlian kita tidak menguntungkan untuk dijadikan bisnis. Oleh karena itu, jangan terlalu kaku dengan memilih nice berdasarkan hobi dan keahlian ini karena akhirnya kita bisa kehilangan kesempatan untuk meraih keuntungan menggunakan niche-niche lain yang potensial dan sedikit saingannya.
Dari sekian banyak pilihan produk yang dipasarkan pilih beberapa yang kita minati walaupun kita tidak memiliki keahlian di sana. Lalu, bagaimana kita membangun konten blog dengan pengetahuan yang tidak kita kuasai? kita akan coba bahas ditulisan yang lain.
4. Pilih Nice Yang Banyak Dicari Pembeli
Cari Nice yang high search volume artinya banyak dicari di mesin pencari. Tapi Jangan memilih nice yang banyak dicari pemburu gratisan (free seeker) tapi tidak adaĆ pembelinya (buyer). Maksudnya bila kita menggunakan Keyword Tools menemukan nice yang high search volume, coba lakukan riset lebih lanjut. Mayoritas pencari niche tersebut free seeker (orang yang mencari sesuatu yang gratis) atau benar-benar pembeli yang bersedia mengeluarkan uang.
5. Pilih Niche Yang Banyak Pemasang Iklannya (Advertiser)
Caranya adalah dengan mengecek apakah banyak advertiser atau pemasang iklan di Adwords untuk keyword utamanya. Bila sepi pengiklan maka berarti banyak free seeker-nya. Hal ini karena tidak ada pengiklan yang memasang iklan Adwords yang hanya dicari oleh free seeker, bukannya buyer.
6. Pilih Niche Yang Tidak MusimanMaksudnya adalah jangan memilih niche yang banyak dicari dan laku hanya pada periode waktu tertentu yang singkat. Contoh niche yang musiman adalah nice tentang seorang selebriti. Misalnya nice tentang Lindsay Lohan, saat ini mungkin sedang naik daun dengan volume pencarian sangat besar di Google, namun dalam waktu singkat akan tergantikan lagi dengan selebriti lain. Nice untuk produk pun banyak yang seperti ini. Karena itu trend pencarian dan pembelian suatu produk dalam jangka waktu tertentu sangat dibutuhkan.
7. Pilih Niche Yang Spesifik (Long Tail Nice) Sebaiknya kita memilih niche yang lebih spesifik dan fokus sehingga kita sendiri bisa lebih fokus. Jangan memilih niche yang terlalu luas atau umum. Bila kita memilih Niche yang terlalu luas, dibutuhkan dana yang sangat besar untuk membangun brand jangka panjang.
Apakah mungkin newbie / pemula menemukan nice yang punya potensi luar biasa (high search volume) tapi belum ada kompetisi? Hal tersebut sangat mungkin terjadi di jaman awal internet marketing, sekitar awal tahun 2000. Namun untuk saat ini sulit sekali menemukan niche baru yang belum ditemukan marketer. Saat ini biasanya jika suatu nice tidak ada kompetisi, berarti nice tersebut tidak ada prospek. Jika banyak kompetisi artinya banyak uang di nice tersebut.
Strategi di bisnis internet adalah berusaha mengambil dari sepotong kecil dari kue yang ukurannya besar, atau berusaha mengambil sepotong besar dari kue yang berukuran kecil. Oh ada kabar baik nih, katanya kita tidak boleh takut dengan kompetisi. Bila kita mengerti internet marketing dengan baik dan memiliki minat atau pengalaman yang bagus di suatu nice yang kompetitif, kita katanya bisa mengalahkan 80% lebih kompetitor.
8. Cari dan Ikuti Forum Yang Membahas Nice Yang Kita Minati
Untuk mencari dan mengikuti forum yang membahas niche yang kita minati, kita bisa search dengan mengetik target niche + Forum di mesin pencari.
1 comments:
mantap...mas
Post a Comment